18 Mar

Financial Hack 101

Setiap akhir bulan makanmie. Tapi setiap awal bulan makannya M*D. Terus begitu setiap bulan. Sampai kadang harus cicil sana sini untuk beli kebutuhan atau terpaksa ambil pinjol dan juga paylater. Udah gitu, setiap jatah uang saku dating, lebih dari setengah uang saku kita habis untuk bayar pinjol, paylater ataupun cicilan lainnya

Masa muda itu memang cuma datang sekali. Kehidupan kuliah yang dinamis pun jadi euphoria yang gak akan kita lewati dua kali. Print tugas, beli buku, nongkrong sama temen. Nongkrong sama pacar dan juga kumpul bareng sama teman se-organisasi.  Wah pastinya butuh banyak biaya ya.

Tapi tenang! Untuk menyelamatkan kondisi keuangan kamu, mintee punya 101 financial hack mengelola uang saku loh! Yuk simak tips berikut :

 

  1. Catat semua pengeluaranmu!

Terkadang kamu dengan mudahnya mengeluarkan uang selama kamu merasa barang yang kamu beli cenderung murah dan juga uangmu masih banyak! Tapi taugaksih, ternyata pengeluaran kecil yang kamu remehkan itu bisa membuat kantongmu jebol loh!

Dengan mencatat pengeluaran. Kamu jadi tau mana pengeluaran yang rutin kamu keluarkan dan mana yang tidak. Kamu juga makin sadar bahwa banyak uang yang kamu keluarkan secara sia-sia hanya karena sedang diskon atau hanya karena ingin membelinya. Bukan karena kebutuhan.

Yuk mulai catat setiap rupiah uang yang kamu keluarkan. Sehingga kamu tau mana pengeluaran yang bisa kamu tekan untuk menghemat uang!

 

  1. Buat budget plan!

Setiap jatah bulananmu datang. Kamu harus bisa membagi uang tersebut untuk kebutuhan atau living cost, dana darurat, tabungan, amal atau bahkan untuk investasi loh!. Gunakan porsi 60% untuk living cost, 20% untuk entertainment (nongkrong, nonton, jalan2, rekreasi) 10% untuk dana darurat / uang jaga-jaga. 7,5% untuk tabungan dan 2,5% untuk beramal.

Gak harus dipaksa menyisihkan untuk investasi. Karena kamu tetap harus punya dana darurat dulu, lalu asuransi baru investasi. Tapi kamu bisa loh menaruh dana darurat kamu di berbagai platform investasi yang mudah dicairkan.

Angka ini bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan ataupun kondisi keuangan kamu loh. Yuk mulai coba buat budget plan!

 

  1. Gunakan tempat penyimpanan uang yang berbeda.

Supaya kamu makin konsisten membuat budget plan. Kamu bisa memarkirkan uang kamu di tempat-tempat yang berbeda loh! Ada banyak digital banking yang bahkan punya 3 kartu untuk satu rekening dan fitur deposito harian yang bisa kamu coba!

 

  1. Sebelum membeli sesuatu, mari tentukan itu kebutuhan atau keinginan.

Kalau kamu memang sangat ingin membeli barang tersebut, coba kamu diamkan selama satu minggu. Apa iya kamu masih kepengen beli barang itu?

 

  1. Manfaatkan promo.

Jurus jitu sejuta umat yang harus kamu terapkan demi menyelamatkan kondisi keuangan kamu! Kamu bisa memanfaatkan diskon dan juga promo untuk barang-barang yang kamu butuhkan atau untuk sekedar nongkrong di kafe.

Jangan malas untuk cari informasi mengenai produk diskon, menu promo ataupun harga special. Karena sekarang semakin mudah menemukan informasi promo loh! Ada berbagai akun social media yang menyediakan info promosi~

 

Nah gimana? Apa tips keuangan ini udah bantu kamu? Nantikan tips berikutnya dan kelas financial planning di fakultee~

 

 

 

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *